Apakah Yesus Kristus Hanya Diutus Untuk Bangsa Israel

Tinta Yesus- Perdebatan mengenai ke-Tuhanan Yesus Kristus memang terjadi sampai sekarang dan tidak banyak orang menjadi yakin bahwa Yesus atau Isa Almasih adalah Tuhan dan Juruselamat.

apakah-yesus-kristus-hanya-diutus-untuk-bangsa-israel

Tim dari Tinta Yesus tidak berusaha untuk membenarkan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, karna Alkitab sendiri sudah mengungkap siapa sebenarnya Yesus itu, kami hanya bermaksud mengulang saja.

Berangkat dari ayat Matius 15:24
Memang benar bahwa Yesus dalam RUPA MANUSIA awalnya harus dan hanya di utus ke bani Israel (Keturunan Yakub/ Israel), hal ini dikarenakan:
  1. Hanya bangsa Israel yang DIKENAL Tuhan (baca: Amos 3: 1-2), sedangkan bangsa lain tidak dikenal atau tidak mau mengenal siapa Tuhan dan malah menyembah yang bukan Tuhan.
  2. Israel merupakan keturunan PERJANJIAN dari Istri yang SAH yaitu Sara/Sarai dan kemudian melahirkan Ishak, BUKAN dari Hagar seorang budak yang melahirkan Ismail/ Ismael (baca: Kejadian 17)
  3. Israel merupakan umat PILIHAN Tuhan (baca: 1 Tawarikh 16:13; Mazmur 89; Mazmur 105; Yesaya 45 dan masih banyak lagi)
  4. Keselamatan HARUS berasal dari bangsa Israel/ Yahudi (baca: Yohanes 4:22)
  5. Bangsa Israel merupakan MILIK Tuhan (baca: Keluaran 34:9; Mazmur 74:2; Mazmur 106:40; Roma:11) sekalipun bangsa Israel melakukan tindakan yang menyakiti hati Tuhan.
Itulah sebabnya Yesus Kristus/ Isa Almasih mengatakan kepada perempuan yang datang kepadanya bahwa tidak baik memberikan ROTI (berarti: berkat/ firman/ mukjizat/ pemulihan/ keselamatan) yang harusnya diberikan terlebih dahulu kepada ANAK (berarti: bangsa Israel) dan melemparkannya kepada ANJING (berarti: bangsa diluar bangsa Israel) dalam Matius 15:26

Tahapan AWAL karya keselamatan dari Tuhan Yesus memang harus melalui bangsa Israel DAHULU karna SATU-SATUNYA bangsa yang paling LAYAK dari seluruh bangsa sebagai CIKAL BAKAL. Terus bagaimana dengan nasib bangsa diluar Israel?

Bangsa lain (diluar bangsa Israel) juga diberikan kesempatan setelah bangsa Israel tidak mau menerima keselamatan, seperti yang diterangkan oleh para rasul dalam Kisah 13:46; Kisah 15:7; Roma 11, dst).

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh wanita pada Markus 15:27 mengatakan bahwa anjing (bangsa diluar bangsa Israel) juga MAKAN dari remah-remah (butiran-butiran kecil/ potongan-potongan kecil) yang dijatuhkan oleh tuannya.

Setelah bangsa lain menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, hal tersebut diumpamakan seperti DICANGKOKKAN pada Pokok yang benar dan turut mendapatkan bagian pada berkat Tuhan yang berlaku atas Abraham, Ishak dan Yakub dan keturunannya.

Terus bagimana jika bangsa Israel menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan? PASTI, keselamatan akan lebih dasyat lagi tersampaikan ke seluruh penjuru bumi.

Kesimpulannya:
Yesus Kristus/ Isa Almasih memang HANYA diutus kepada bangsa Israel SEWAKTU Ia datang dan mengambil RUPA MANUSIA tapi secara ROH KUDUS/ ROH YESUS, Ia DATANG kepada seluruh bangsa-bangsa di dunia seperti yang tertulis dalam Kisah 22:21; Kisah 16:7; Filipi 1:19 dan sangat jelas diberitahukan dalam Markus 16:8