Siaga Satu! Iblis Menyerang [Pengedalian Diri]

1 Petrus 5:8  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
Ketika saya masih ingin bemalas-malasan di tempat tidur. Tiba-tiba 1 Petrus 5:8 mencuat secara tiba-tiba dalam pikiran saya, tapi seperti biasa saya ingin tidur lagi dan kembali ingin tidur mumpung libur, "begitu pikirku" tapi tetapsaja ayat itu mencuat makin kuat dan saya putuskan untuk membacanya dengan berbagai terjemahan yang ada di dalam aplikasi Alkitab di dalam HP saya dan saya menemukan hal yang luar biasa sekali. Di dalam terjemahan Bahasa Indonesia Sederhana dikatakan bahwa selain berjaga-jaga kita juga harus "Menguasai diri" sehingga kita dapat melawan iblis.

Pada jaman modern ini bukankah kebanyakan manusia sudah tidak lagi bisa menguasai diri. Dulu saya hanya berpikir bahwa iblis menyerang dengan berbagai macam kuasa gelap seperti santet. Walau kita tidak bisa memungkiri bahwa praktek kuasa gelap masih ada sampai sekarang namun sepertinya iblis sudah mengembangkan cara lain, dengan menyentuh sisi "Pengendalian diri" kita, sehingga kebanyakan dari kita tidak bisa mengendalikan diri dari hal berikut:

1. Nafsu sex/bercinta walaupun itu bukan istri anda atau bahkan anda sekarang ini belum memiliki ikatan perkawinan.
2.Nafsu makan anda yang berlebihan sehingga anda pingin makan ini. Sepertinya mulut anda ingin terus mengunyah bukan.?
3. Belanja ini dan itu padahal tidak terlalu penting kita perlukan, dengan alasan gaya dan mengikuti mode bukan?
4. Pekerjaan yang membuat anda tidak punya waktu lagi dengan Tuhan dan keluarga anda, karna yang menjadi fokus anda adalah uang dan kerja.
5. Penggunaan media sosial yang anda gunakan juga perlu anda kendalikan bukan? Karna tidak perlu masalah atau suasana hati anda untuk disebar luaskan melalui media sosial sehingga semua orang pelu tahu atau anda ingin menyampaikan foto anda kepada dunia seperti ingin memamerkan ini dan itu sehingga secara tidak langsung akan membuat teman-teman anda akan iri dengan anda.
6. Mulut yang anda sering gunakan untuk menceritakan keburukan orang lain.
7. Mata yang sering anda gunakan untuk nonton tv atau bioskop atau browsing di internet mengenai sepak bola dan komik online atau bahkan video/gambar porno.
8. Emosi anda yang meledak-ledak bukan hanya marah saja tapi juga kesenangan, kesedihan atau bahkan ingin diperhatikan, bukankah manusia sekarang seperti haus akan kasih sayang dan perhatian serta pengakuan diri.

Bukankah Pengendalian Diri Adalah Buah Roh Terakhir

[Bersambung ke Part 2]