Renungan Harian - Rehobot

Kejadian 26:22 Ia pindah dari situ dan menggali sumur yang lain lagi, tetapi tentang sumur ini mereka tidak bertengkar. Sumur ini dinamainya Rehobot, dan ia berkata: "Sekarang TUHAN telah memberikan kelonggaran kepada kita, sehingga kita dapat beranak cucu di negeri ini."
Setelah mendapatkan kesuksesan dari Tuhan, ternyata pertualangan Ishak tidak berhenti. ia masih harus menghadapi banyak hal yang tidak menyenangkan. Pertama, dicemburui karena kesuksesannya (ayat 14). Kedua, diusir. Inilah pengalaman yang mungkin menyakitkan sehingga Ishak tidak mudah untuk melupakannya, meski tidak menyimpan dendam (ayat 16,21). Setelah berdiam di Gerar. ada saja orang-orang yang tidak mendukungnya. Para gembala di Gerar berebut sumur "Esek" dan juga sumur "Sitna" dengan para hamba Ishak. Selintas Ishak tidak mengadakan perlawanan apapun kepada orang-orang yang cemburu dan iri padanya. Ishak tetap menunjukkkan kesabaran dan juga ketekunan di hadapan Tuhan. Akhirnya, semua tindakan Ishak membuahkan hasil yang indah, yaitu: "Rehobot", suatu kelegaaan, suatu kelonggaran.

renungan-harian-kristen-sumur-rehobot
Ketika kita sukses karena berkat dan penyertaan Tuhan, janganlah kita terkejut bila ada orang yang menjadi iri dan cemburu pada kita. Mungkin tak terpikir oleh kita bila mereka akan membenci kita tanpa alasan (Maz 109:3), bahkan mereka mungkin mengharapkan kemalangan kita...tapi jangan kuatir! Tetaplah tekun, tetaplah sabar seperti Ishak!

Rekan, percayalah bahwa Tuhan akan senantiasa menolong bila kita selalu memandang dan mengandalkan Tuhan meski berada di tengah-tengah situasi yang tidak mengguntungan (ayat 24-25). Kekuatiran terhadap serangan dari orang-orang yang cemburu kepada kita justru tidak akan mebuahkan apa-apa, "Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?" (Luk 12:25)

Rekan, bilamana saat ini dirimu meraih kesuksesan dari Tuhan, namun malah membuatmu mendapatkan banyak musuh, banyak orang yang iri dan cemburu. Jangan takut dan jangalah kuatir! Tetaplah kuat dan percayalah bahwa semua itu adalah rencana Tuhan bagi kita! Tetaplah andalkan Dia, bukankahTuhan telah memberikan kepadamu "Rehobot" yaitu Yesus. Dia yang meberikan kelegaan bagimu?! Trust Him!

Sumber: Youth Magazine Rajawali; Februari 2006