Bumerang! Awasi Perkataanmu

Amsal 15:23  Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!

Ingat Australia, anda pasti juga akan ingat dengan bumerang, alat berburu yang sangat khas dari suku Aborigin. Bumerang merupakan salah satu senjata yang sangat unik dibandingkan dengan senjata-senjata lain pada umunya. Apa keistimewaannya? Benar sekali, bumerang akan kembali dengan sendirinya jiki tidak mengenai sasaran. Adanya pergeseran titik berat pada bumerang menyebabkan perputaran ke arah semula.

Bumerang bisa jadi senjata makan tuan jika tidak ahli menggunakannya, demikian juga halnya dengan perkataan yang keluar dari mulut kita. Perkataan yang tidak tepat waktu untuk diucapkan, perkataan yang tidak tepat kepada siapa harus dikatakan, perkataan kososng, sembrono dan perkataan yang sia-sia kadangkala bisa menyulitkan diri kita sendiri pada akhirnya. Itu sebabnya orang bijak akan berpikir berkali-kali sebelum mengeluarkan satu perkataan, bukannya berkata-kata dulu baru kemudian berpikir dengan apa yang sudah dikatakan.

Kalau kita mau sedikit lebih jujur, bukannya banyak kesulitan dan masalah yang kita hadapi sekarang ini akibat perkataan kita yang sembrono dan tidak tepat pada waktunya?

Orang bijak mengeluarkan perkataan yang tepat
pada waktu yang tepat dan pada orang yang tepat