Benarkah Tuhan Orang Kristen Itu Ada Tiga (3)

Tinta Yesus- Perkara ini memang sangat kompleks bila tanpa adanya tuntunan dari Roh Kudus. Anda tidak akan pernah mengerti jika menggunakan pikiran anda. Dengan bantuan dari Roh Kudus maka anda akan dimampukan untuk mengerti apa hubungan kesatuan antara Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus.
benarkah-tuhan-orang-kristen-itu-ada-tiga-3

Kata Trinitas yang populer dikalangan orang percaya tidak pernah ditemukan di Alkitab dan merupakan konsep Ketuhanan yang disepakati pada waktu rapat dewan Nicea.

Konsep Trinitas ini digunakan untuk memudahkan pemahaman orang percaya dalam memahami Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus yang kalau saya terjemahkan secara singkat artinya "Tiga Tapi Satu".

Berarti ada tiga Tuhan dong? Dalam konsep ini sebenarnya tidak mengatakan adanya tiga Tuhan. Isi dari konsep trinitas adalah Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Satu kesatuan yang tidak dapat saling meniadakan, satu kesatuan yang tidak bisa berdiri sendiri-sendiri, satu kesatuan yang tidak bisa terpisah satu sama lain, satu kesatuan yang tidak bisa bekerja secara sendiri-sendiri, satu kesatuan yang saling melengkapi.

Bapa adalah yang merencanakan semua yang Ia ingin ciptakan. Putra adalah yang membuat/menjadikan semua rencana tersebut menjadi kenyataan/terjadi. Roh kudus adalah yang menginspirasikan/menimbulkan rencana itu muncul.

Ketiganya bukan sesuatu yang berbeda seperti dalam konsep dewa terkuat yunani yaitu Zeus, Poseidon dan Hades. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang bulat dan tidak bisa dipisahkan. seperti yang dikatakan Yesus bahwa Ia dan Bapa adalah SATU (Yohanes 17:22).

Itulah sebabnya mengapa Putra itu dinamakan Firman (Firman Tuhan/ Firman Bapa/ Firman Allah) seperti yang disebutkan dalam Yohanes pasal 1. Kemudian Roh Kudus juga disebutkan dalam Alkitab sebagai Roh Allah (Kejadian 1:2; 1 Samuel 11:6; dll) atau Roh Yesus (Kisah 16:7; Filipi 1:19). Hal menghebohkan lainnya dikatakan melalui Kitab Yesaya (Yesaya 9:6) yang mengatakan bahwa Sang Putra juga akan disebut sebagai BAPA YANG KEKAL, ALLAH YANG PERKASA, Penasehat Ajaib dan Raja Damai.

Kalau anda bertanya kepada saya selaku bagian dari Tim Tinta Yesus apakah saya mengikuti konsep Trinitas? Jawaban saya: Tidak ada konsep mengenai Trinitas dalam pemikiran saya. Konsep dalam pemikiran saya adalah SATU Tuhan, seperti yang saya utarakan sebelumnya BAPA = PUTRA = ROH KUDUS = BAPA karena mereka SATU dan bukan tiga seperti yang diperdebatkan selama ini.

Kalau saya berdoa dalam nama Yesus Kristus (PUTRA) maka saya sama saja berdoa kepada BAPA = ROH KUDUS. Kalau saya mengatakan BAPA yang baik maka saya sama saja mengatakan Yesus = Roh Kudus itu baik. Kalau saya mengatakan Roh Kudus itu ajaib maka sama saja saya mengatakan BAPA = PUTRA (Yesus Kristus) itu ajaib.

Alkitab juga tidak menyatakan bahwa Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus adalah pribadi yang berbeda satu sama lain dan juga tidak ada kata Trinitas baik di perjanjian lama maupun perjanjian baru

Mana dasar semua pernyataan anda? Kenapa ayatnya nggak disebutkan? Semua ayat Alkitab adalah dasarnya mulai dari kitab Kejadian sampai dengan kitab Wahyu.